Hipnoterapi untuk orang yang suka memfitnah

Pernahkah anda merasa, ada seseorang yang suka menjelek-jelekkan anda dan membuat pernyataan yang tidak sesuai kenyataan? Dia bersikap baik di depan anda tapi menikam di belakang anda. Dia ada di sekitar anda, mengikuti anda kemanapun seperti harimau sedang mengejar mangsa. Dan tentu saja suatu hari anda yang akan menjadi mangsa nya bila anda tidak berhati hati.

Beberapa kemungkinan mengapa orang bisa menjadi seperti itu adalah karena hal hal di bawah ini.
Watak orang tebentuk dari kebiasaan sehari hari orang. Kebiasaan dari kejadian sehari hari yang Terus-menerus akan tersimpan dalam pikiran bawah sadarnya. Kebiasaan terbentuk dari dalam diri orang tersebut atau pun dari orang lain yang ada di sekitar seseorang itu. Pengaruh lingkungan lebih dominan daripada pengaruh keturunan terhadap perkembangan watak seseorang. Mengubah kebiasaan yang telah menjelma menjadi watak, tidaklah mudah.
Selain watak, kebiasaan dan faktor lingkungan, orang yang mempunyai kebiasaan menjelek-jelekkan orang lain, bisa juga karena beberapa faktor, antara lain:
– Iri hati
– Rendah diri
– Persaingan
– Pengidap psikopat

Iri atau sirik
Banyak orang, sadar atau tidak sadar, merasa tidak suka melihat kesuksesan orang lain. Baik sukses di bidang pendidikan, karir, ekonomi, politik atau kesuksesan orang lain. Karena dia tak mampu berbuat sama atau bahkan tak mampu berbuat lebih, maka satu-satu cara berkompensasi yaitu menjelek-jelekkan orang lain Dengan cara seperti itu, maka rasa irinya seolah-olah sudah tertutupi. Dia memperoleh kepuasan psikologis,walaupun keputusan psikologis yang semu.

Rendah diri
Ada juga karena faktor rendah diri. Misalnya dia orang miskin, selalu menjelek-jelekkan orang kaya dengan menuduh hasil korupsi ,suap,pungli dan semacamnya. Padahal, penilaiannya hanya berdasarkan dugaan-dugaan saja.

Persaingan
Faktor persaingan cukup banyak. Misalnya dalam hal persaingan mencari pacar, persaingan dalam bisnis, persaingan dalam politik, persaingan dalam karir dan persaingan dalam hal lain-lain.

Pengidap psikopat
Sikap suka menjelek-jelekkan orang lain juga dimiliki pengidap psikopat. Bahkan suka mengobral kebohongan-kebohongan tentang orang lain yang tidak disukainya. Kenapa tak disukai? Tak ada alasan yang jelas sebab dia punya sikap impulsif (tidak ada alasan yang rasional).Pada tingkat psikopat, bukan hanya menjelek-jelekkan yang dia lakukan, tetapi sudah memasuki wilayah fitnah.

Lalu bagaimana menghadapi orang yang demikian?
Tak perlu dipikirkan terlalu serius. Tidak ada obat yang bisa menyembuhkan dia. Satu-satunya cara, memberikan informasi yang benar kepada orang-orang sekeliling Anda dan sekeliling dia. Orang lainpun suatu saat akan menyadari bahwa dia memang wataknya seperti itu dan orang lain juga belum tentu percaya atas ucapan-ucapannya. Jadi, usahakan jangan sampai pikiran atau jiwa Anda terganggu.

Bagaimana menyembuhkan orang yang demikian???
Karena menyangkut aspek psikologis, menyangkut alam bawah sadar, maka jika dia mau berubah, bisa dengan hipnoterapi. Dimana dengan terapi ini dapat diungkap semua kehidupan masa lalu dia yang berhubungan dengan kebiasaan ini, yang tertanam di pikiran bawah sadar dia.

Disadur dari: psikologi2009.wordpress.com dan www.amabelle.co.id