Apakah yang dimaksud dengan akupuntur?
Akupuntur adalah suatu cara pengobatan dengan perangsangan titik-titik tertentu (titik akupuntur) di permukaan tubuh untuk menyembuhkan suatu penyakit.
Perangsangan tersebut dapat dilakukan melalui penusukan jarum, penyuntikan, penyinaran, dan sebagainya.

Mengapa memilih akupuntur medik?
Akupuntur medik merupakan bagian dari Physical Medicine dan berdasarkan pada Neuroscience, mengobati pasien menurut prinsip medik dan evidence based.
Akupuntur telah berkembang dari konsep tradisional klasik menjadi akupuntur medik yang diterapkan menurut kaidah-kaidah kedokteran konvensional.

Penyakit apa saja yang dapat diobati dengan akupuntur?
Akupuntur telah dipergunakan untuk mengobati berbagai penyakit, baik secara tersendiri maupun sebagai pengobatan penunjang terhadap cara pengobatan lain.

Secara umum penggunaan akupuntur dalam pengobatan adalah pada:

  • Berbagai keadaan nyeri seperti nyeri kepala, nyeri bahu, nyeri lambung, nyeri lutut.
  • Berbagai kelainan fungsional seperti asma, alergi, susah tidur, mualpada kehamilan.
  • Beberapa kelainan saraf, seperti kelumpuhan muka, kelumpuhan anggota gerak, kesemutan.
  • Keadaan tertentu lainnya seperti ketagihan merokok, kegemukan, peningkatan stamina.

Bagaimana cara kerja akupuntur?
Titik akupuntur merupakan daerah kulit yang telah diketahui berbeda dengan jaringan di sekitarnya dalam tekanan listrik dan gelombang suara, serta dalam kepadatan jaringan sarafnya.
Perangsangan pada titik akupuntur akan memberikan efek tertentu ditempat perangsangan ataupun di tempat yang jauh dari perangsangan melalui jalur mekanisme saraf, humoral, dan meredian.

Apakah penusukan titik akupuntur menimbulkan rasa nyeri?
Penusukan pada titik akupuntur menimbulkan sedikit rasa nyeri yang umumnya tidak berarti, dapat timbul sedikit rasa ngilu atau pegal atau seperti terkena aliran listrik halus sebagai tanda terangsangnya sistem persyarafan.

Apakah Akupuntur memiliki efek samping?
Sebagaimana cara pengobatan lain, akupuntur mempunyai efek samping yang pada umumnya relatif tidak berbahaya, seperti pendarahan dan nyeri di tempat penusukan.
Kemungkinan bahaya infeksi dapat dihindarkan dengan pemakaian jarum akupuntur sekali pakai.

Apa kontra indikasi tindakan akupuntur?
Kontra indikasi tindakan akupuntur adalah keadaan darurat medik, kasus pembedahan, tumor ganas, gangguan pembekuan darah atau pengobatan anti koagulansia.

Apakah akupuntur akan menimbulkan ketagihan?
Akupuntur tidak menimbulkan ketagihan, namu beberapa pasien merasakan adanya rasa enak pada tubuh setelah tindakan akupuntur sehingga timbul keinginan untuk diakupuntur lagi.
Apabila akupuntur dihentikan tidak akan terjadi reaksi yang merugikan pada tubuh.

Berapa lama/kali pengobatan akupuntur dilakukan?
Pengobatan akupuntur umumnya dilakukan dua kali seminggu, tergantung keadaan penyakitnya sampai mencapai hasil yang diharapkan.
Satu seri pengobatan terdiri atas 10-12 kali pengobatan dan bila diperlukan dapat dilanjutkan dengan seri berikutnya.

Apakah yang dimaksud dengan akupuntur estetika medik?
Yaitu suatu prosedur non bedah yang bisa membantu meremajakan dan mengembalikan vitalitas organ tubuh. Memperbaiki sirkulasi darah dan energi, memelihara kulit dan menambah produksi kolagen untuk mengurangi penampakan garis-garis halus, kerut, kendur dan kulit kasar.

Bagaimana mekanisme kerja akupuntur estetika medik?
Secara medik penusukan titik akupuntur akan merangsang sistem persarafan sehingga menimbulkan reaksi setempat (peredaran darah meningkat, produksi kolagen bertambah, dll), reaksi melalui jalur saraf tepi maupun saraf pusat dan reaksi pelepasan zat-zat neurohumoral.

Pengobatan/perawatan apa saja yang bisa dilakukan dengan akupuntur estetika medik?
Pengobatan/perawatan obesitas, mengencangkan, mengilangkan garis-garis halus atau keriput, kantong mata dan lingkaran hitam di bawah mata, jerawat, mencerahkan wajah, rambut rontok, menopause, mengecilkan pipi, melasma, mengecilkan/membesarkan serta mengencangkan payudara, dll.

Berapa lama terapi untuk akupuntur estetika medik?
Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan membutuhkan 12 kali perawatan (1-3 kali per minggu), sehingga untuk mendapatkan hasil yang baik, satu seri terapi dibutuhkan waktu antara 4-8 minggu. Apabila diperlukan pengobatan seri berikutnya, maka diberikan interval waktu beberapa hari sampai satu minggu.